Selasa, 30 Agustus 2016

Cara Merawat Jok Kulit Asli / Original Leather

Cara Merawat Jok Kulit Asli / Original Leather

Cara membersihkan :
Siapkan alat-alat yang bisa digunakan untuk membersihkan jok mobil Anda, seperi lap kering, plas chamois, sikat, dan vacuum cleaner (jika ada). Agar saat proses membersihkan semakin optimal, sebaiknya siapkan juga obat atau cairan pembersih khusus jok kulit yang banyak tersedia di pasaran atau toko variasi mobil.
Gunakanlah vacuum cleaner untuk membersihkan bagian-bagian jok yang sulit terjangkau oleh tangan. Kemudian basahi plas chamois (tapi jangan terlalu basah) untuk mengusap permukaan jok.

Jangan tuangkan obat pembersih ke bagian jok yang belum Anda kerjakan, karena obat tersebut akan mengering sebelum Anda kerjakan dan bisa menimbulkan noda atau flek. Tuangkan secara bertahap obat pembersih ke bagian yang sedang Anda kerjakan saja.

Pada bagian sarung jok mobil yang sudah diberi obat pembersih, sikat secara perlahan dengan cara searah. Sebaiknya saat menyikat jangan menekan terlalu keras. Ulangi hingga beberapa kali jika dirasa jok masih belum bersih benar.
Setelah proses menyikat selesai, segera keringkan bagian tersebut dengan kain kering yang bersih sebelum obat pembersihnya mengering.


Cara merawat:
Jika terkena atau terdapat noda, segera bersihkan. Karena semakin lama noda tersebut dibiarkan, maka akan semakin sulit juga untuk dibersihkan.

Sebaiknya lakukan perawatan secara rutin minimal dua bulan sekali.
Untuk menjaga kelembapannya, sebaiknya gunakan kondisioner khusus cover jok mobil bahan kulit atau Leather Conditioner secara rutin setiap tiga atau empat bualn sekali. Kondisioner tersebut banyak dijual di pasaran atau di toko variasi / otomotif.

Sebisa mungkin hindari parkir terlalu lama di bawah terik sinar matahari langsung. Atau jika memang terpaksa sebaiknya gunakan sun visor.